Sabtu, 16 November 2013

sedikit tentang kecamatan seko





SEKO adalah salah satu kecamatan di KABUPATEN  LUWU UTARA , PROV.SULAWESI SELATAN,dengan jumlah penduduk 12.000- 16000 jiwa
SEKO adalah salah satu kecamatan yang sangat tertinggal di sulawesi selatan dikarenakan akses menuju ke sana sangat sulit ,seko dapat di jangkau dengan menggunakan pasawat dengan biaya Rp.200 .000 tapi saat ini pesawat tidak ada lagi yang beroperasi.seko juga dapat di jangkau dengan menggunakan ojek dengan biaya Rp 1.200.000 pulang pergi.
Sederetan sepeda motor bebek yang telah dimodifikasi bentuknya menjadi mirip motor trail, dengan menggunakan ban berbalut rantai, terlihat parkir di pangkalan ojek di Desa Sabbang, Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Rata-rata motor milik panggojek seko—sebutan masyarakat setempat sudah tak ada yang lazim bentuknya. Belum lagi motor-motor ini juga dipenuhi lumpur tebal. Jauh dari kesan bersih dan rapi.

Meskipun motor tersebut terlihat seperti motor rongsokan, tetapi tenaga yang dihasilkan dari mesinnya luar biasa. Pasalnya, pemilik motor telah mengganti sebagian besar onderdil yang disesuaikan dengan medan tanjakan dan berlumpur yang setiap hari dilintasi oleh para pengojek. Akan mengejutkan bila Anda tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memakai jasa ojek-ojek ini.

Mungkin, tarif ojek di Seko menjadi tarif ojek termahal di Indonesia. Bayangkan saja, sekali naik ojek penumpang dikenakan tarif Rp 600.000 hingga Rp 700.000. "Tarif yang telah di patok untuk penumpang tergantung dari melihat kondisi cuaca, jika dalam kondisi normal, kami pasang harga Rp 600.000. Namun, saat kondisi cuaca buruk, hujan, tarifnya naik Rp 700.000,"
Tidak hanya membayar tarif yang "selangit", Anda juga harus mempersiapkan stamina. Sebab, jalur yang akan dilalui adalah jalan setapak di tengah hutan belantara yang jarang terdapat rumah penduduk.
Jalan tersebut di lalui dengan berkendara motor paling cepat jika ada yang sampai dalam waktu 1 hari saja, tapi jika saat musim hujan, maka jalan tersebut akan menjadi sangan jelek sehingga tidak dapat di capai dalam waktu 1 hari bahkan bisa mencapai 4 hari perjalanan.
SEKO berjarak 126 km dari Sabbang  kabupaten LUWU UTARA,tapi aneh jarak yang tidak terlalu panjang ini sampai sekarang belum tersentuh infrastruktur pembangunana jalan. ruas jalan yang  saat ini ada merupakan ruas jalan peninggalan belanda.
SEKO, Desa terpencil diatas ketinggian 1560 meter dari permukaan Laut.
Pada zaman ORLA menjadi satu distrik, disebut DISTRIK SEKO. Pada Zaman ORBA dilebur menjadi satu kecamatan dengan DISTRIK RONGKONG menjadi Kec. RONGKONG-SEKO. Pada Zaman REVOLUSI Modern sekarang ini, kembali menjadi satu wilayah pemerintah dengan nama KECAMATAN SEKO.
Masyarakat SEKO, Argraris dengan hasil utama, KOPI ARABICA, KOPI REBUSTA, PADI, JAGUNG, AKHIR AKHIR INI (Pertengan thn.90-an) MENGHASILKAN COKLAT BERKUALITAS EKSPORT. Disamping Ternak KERBAU dan Hasil HUTAN berupa DAMAR dan ROTAN
.


17 komentar:

  1. wuueehh, seko.
    banyakx mi pnghasilnx itu tukang ojek 1 bulan

    BalasHapus
  2. huhuyy,, SEKO !! BISA TON JI BELA :D

    BalasHapus
  3. boeh, mauka jln2 ke sna deehh..

    BalasHapus
  4. terimakasih atas infonya tentang seko. semoga jalan untuk menuju kawasan seko dapat lebih baik lagi agar seko dapat mudah dijamah. dan harapan agar seko dapat selalu terjaga keasriannya seperti saat ini. amin.

    BalasHapus
  5. kamsa hamndiaasra buat info'a. sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas hahahahhaha ;D

    BalasHapus
  6. .seko.....:)

    .susahnya perjalanan ke sana.

    BalasHapus