SEKO adalah
salah satu kecamatan di KABUPATEN LUWU UTARA , PROV.SULAWESI
SELATAN,dengan jumlah penduduk 12.000- 16000 jiwa
SEKO adalah
salah satu kecamatan yang sangat tertinggal di sulawesi selatan dikarenakan
akses menuju ke sana sangat sulit ,seko dapat di jangkau dengan menggunakan
pasawat dengan biaya Rp.200 .000 tapi saat ini pesawat tidak ada lagi yang
beroperasi.seko juga dapat di jangkau dengan menggunakan ojek dengan biaya Rp
1.200.000 pulang pergi.
Sederetan
sepeda motor bebek yang telah dimodifikasi bentuknya menjadi mirip motor trail, dengan menggunakan ban berbalut rantai,
terlihat parkir di pangkalan ojek di Desa Sabbang, Kecamatan Seko, Kabupaten
Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Rata-rata motor milik panggojek seko—sebutan masyarakat setempat sudah tak ada
yang lazim bentuknya. Belum lagi motor-motor ini juga dipenuhi lumpur tebal.
Jauh dari kesan bersih dan rapi.
Meskipun motor tersebut terlihat seperti motor rongsokan, tetapi tenaga yang dihasilkan dari mesinnya luar biasa. Pasalnya, pemilik motor telah mengganti sebagian besar onderdil yang disesuaikan dengan medan tanjakan dan berlumpur yang setiap hari dilintasi oleh para pengojek. Akan mengejutkan bila Anda tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memakai jasa ojek-ojek ini.
Mungkin, tarif ojek di Seko menjadi tarif ojek termahal di Indonesia. Bayangkan saja, sekali naik ojek penumpang dikenakan tarif Rp 600.000 hingga Rp 700.000. "Tarif yang telah di patok untuk penumpang tergantung dari melihat kondisi cuaca, jika dalam kondisi normal, kami pasang harga Rp 600.000. Namun, saat kondisi cuaca buruk, hujan, tarifnya naik Rp 700.000,"
Meskipun motor tersebut terlihat seperti motor rongsokan, tetapi tenaga yang dihasilkan dari mesinnya luar biasa. Pasalnya, pemilik motor telah mengganti sebagian besar onderdil yang disesuaikan dengan medan tanjakan dan berlumpur yang setiap hari dilintasi oleh para pengojek. Akan mengejutkan bila Anda tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memakai jasa ojek-ojek ini.
Mungkin, tarif ojek di Seko menjadi tarif ojek termahal di Indonesia. Bayangkan saja, sekali naik ojek penumpang dikenakan tarif Rp 600.000 hingga Rp 700.000. "Tarif yang telah di patok untuk penumpang tergantung dari melihat kondisi cuaca, jika dalam kondisi normal, kami pasang harga Rp 600.000. Namun, saat kondisi cuaca buruk, hujan, tarifnya naik Rp 700.000,"
Tidak hanya
membayar tarif yang "selangit", Anda juga harus mempersiapkan
stamina. Sebab, jalur yang akan dilalui adalah jalan setapak di tengah hutan
belantara yang jarang terdapat rumah penduduk.
Jalan tersebut
di lalui dengan berkendara motor paling cepat jika ada yang sampai dalam waktu
1 hari saja, tapi jika saat musim hujan, maka jalan tersebut akan menjadi
sangan jelek sehingga tidak dapat di capai dalam waktu 1 hari bahkan bisa
mencapai 4 hari perjalanan.
SEKO berjarak
126 km dari Sabbang kabupaten LUWU
UTARA,tapi aneh jarak yang tidak terlalu panjang ini sampai sekarang belum
tersentuh infrastruktur pembangunana jalan. ruas jalan yang saat ini ada merupakan ruas jalan peninggalan
belanda.
SEKO, Desa terpencil diatas
ketinggian 1560 meter dari permukaan Laut.
Pada zaman ORLA menjadi satu distrik, disebut DISTRIK SEKO. Pada Zaman ORBA dilebur menjadi satu kecamatan dengan DISTRIK RONGKONG menjadi Kec. RONGKONG-SEKO. Pada Zaman REVOLUSI Modern sekarang ini, kembali menjadi satu wilayah pemerintah dengan nama KECAMATAN SEKO.
Masyarakat SEKO, Argraris dengan hasil utama, KOPI ARABICA, KOPI REBUSTA, PADI, JAGUNG, AKHIR AKHIR INI (Pertengan thn.90-an) MENGHASILKAN COKLAT BERKUALITAS EKSPORT. Disamping Ternak KERBAU dan Hasil HUTAN berupa DAMAR dan ROTAN.
Pada zaman ORLA menjadi satu distrik, disebut DISTRIK SEKO. Pada Zaman ORBA dilebur menjadi satu kecamatan dengan DISTRIK RONGKONG menjadi Kec. RONGKONG-SEKO. Pada Zaman REVOLUSI Modern sekarang ini, kembali menjadi satu wilayah pemerintah dengan nama KECAMATAN SEKO.
Masyarakat SEKO, Argraris dengan hasil utama, KOPI ARABICA, KOPI REBUSTA, PADI, JAGUNG, AKHIR AKHIR INI (Pertengan thn.90-an) MENGHASILKAN COKLAT BERKUALITAS EKSPORT. Disamping Ternak KERBAU dan Hasil HUTAN berupa DAMAR dan ROTAN.
mantap aku suka...:D
BalasHapusSeko bisa tong.jj (y)
BalasHapuskeren :)
BalasHapusmksh infonya
BalasHapuswuueehh, seko.
BalasHapusbanyakx mi pnghasilnx itu tukang ojek 1 bulan
mw jadi tukang ojek disana kh? hee
Hapushuhuyy,, SEKO !! BISA TON JI BELA :D
BalasHapusboeh, mauka jln2 ke sna deehh..
BalasHapusterimakasih atas infonya tentang seko. semoga jalan untuk menuju kawasan seko dapat lebih baik lagi agar seko dapat mudah dijamah. dan harapan agar seko dapat selalu terjaga keasriannya seperti saat ini. amin.
BalasHapuskamsa hamndiaasra buat info'a. sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas hahahahhaha ;D
BalasHapusmenarik skali ini seko.....:)
BalasHapussekooo
BalasHapuskeren (y)
mahal skali tarif ojeknya...
BalasHapusbagus yahhh
BalasHapus.seko.....:)
BalasHapus.susahnya perjalanan ke sana.
kangen sama Seko/..:)
BalasHapuspenasaran dengan Seko....
BalasHapus